Selasa, 25 Juli 2017

Penjualan langsung

Penjualan Langsung

            Sebelum kita memahami penjualan langsung sebaiknya kita pahami dulu tentang pemasaran langsung.
Pemasaran langsung (direct marketing) adalah penggunaan saluran-saluran langsung-konsumen (CD-consumer direct) untuk menjangkau dan menyerahkan barang dan jasa  kepada pelanggan tanpa menggunakan perantara pemasaran. (Philip Kotler dan Kavin lane keller2008; 288)

Saluran- saluran  ini mencakup surat langsung (direct mail), katalog, telemarketing, TV interaktif ,kios, situs internet dan peralatan bergerak (mobile device).Dengan penggunaan pemasaran langsung tentu saja memberikan manfaat bagi pelanggan  misalnya mereka bisa berbelanja dari rumah yang dirasakan menyenangkan, nyaman dan bebas ,menghemat waktu, dapat membandingkan banyak produk dari katalog dll.

Kalau kita memilih menggunakan pemasaran langsung maka kita juga akan menggunakan penjualan langsung untuk bisa menjalin komunikasi /hubungan dengan konsumen.

Pengertian Penjualan langsung
            Penjualan dibagi menjadi 2 bagian yaitu penjualan langsung dan penjualan tidak langsung ,wujud penjualan langsung dan penjualan tidak langsung dapat menggunakan beberapa media .
Penjualan lansung merupakan strategi untuk mempromosikan produk atau jasa yang ditujukan untuk mempengaruhi tindakan konsumen.Penjualan langsung lebih menekankan pengambilan keputusan yang didasarkan atas rasional atau karena adanya keuntungan tambahan yang diberikan suatu produk.(Duncom,Tom.2005)
Wujud penjualan langsung dapat ditemui dalam bentuk promosi penjualan (sales promotions), penjualan pribadi (personal selling),penjualan langsung  (direct respon marketing),serta merchandising dan point of purchase.

Bentuk penjualan langsung
 Promosi penjualan (sales promotion)
Promosi penjualan merupakan fungsi dari marketing komunikasi yang memperbesar aksi dengan menambahkan insentif dalam menawarkan merek. Promosi penjualan didesain untuk jangka pendek dan dikatakan berhasil apabila dalam waktu singkat berhasil untuk meningkatkan dan mempercepat jumlah penjualan produk. Promosi penjualan terbagi menjadi berorientasi pada konsumen dan berorientasi pada penjualan. Berorientasi pada konsumen adalah bentuk promosi penjualan yang didesain untuk memengaruhi pembeli atau pengguna. Berorientasi pada penjualan adalah bentuk promosi penjualan yang didesain untuk memengaruhi konsumen melalui pedagang besar (wholesaler), distributor, dan pedagang kecil (retailer).
·                     Penjualan pribadi (personal selling)
Merupakan bentuk penjualan langsung yang dilakukan dengan cara tatap muka. Seorang pemasar akan menawarkan produknya sebagai solusi atas permasalahan yang sering dialami konsumen. Di dalam penjualan pribadi, terdapat jalinan komunikasi interpersonal (dua arah) antara pembeli dengan penjual. Jadi di sinipenjual bisa langsung datang kerumah-rumah, instansi/kantor atau tempat dimana dapat bertemu secara langsung dengan konsumennya.
·                     Penjualan langsung (direct response marketing)
Menggunakan sistem loop tertutup, interaktif, dan pengiriman pesan yang bertujuan untuk mengubah tingkah laku konsumen. Sistem penjualan langsung tersebut digunakan untuk menciptakan respon konsumen secara langsung.
·                     Penjualan partaian (merchandising) dan titik pembelian (point of purchase)
Penjualan partaian merupakan kegiatan untuk menciptakan gambaran merek (brand image) sampai ke tingkat pengecer. Titik pembelian (Point-of-Purchase (P-O-P)) adalah kegiatan untuk menampilkan produk di tempat-tempat strategis di sebuah toko dengan tujuan untuk menarik perhatian konsumen terhadap merek tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar