Rabu, 30 Agustus 2017

Latihan soal produktif pemasaran 1

Assalamualaikum Wr .Wb. Berikut ini adalah latihan soal produktif pemasaran1 Silahkan dikerjakan. Tujuannya supaya peserta didik memahami  materi produktif pemasaran 1(pelayanan penjualan) dengan latihan soal-soal , 

Latihan soal 1
I.    Berilah tanda silang (X) pada salah satu jawaban a, b, c, d atau e sebagai jawaban yang paling benar !
1.     Penjualan dibagi menjadi..................
a.     Penjualan perantara dan penjualan tidak langsung
b.     Penjualan massa dan penjualan langsung
c.     Penjualan langsung dan penjualan tidak langsung
d.     Penjualan secara periodik
e.     Penjualan langsung
2.     Seorang penjual tidak dituntut menguasai ...............….
a.     Pengetahuan tentang  produk yang dijual
b.     Pengetahuan tentang  sikap pembeli
c.     Pengetahuan tentang  ketrampilan menjual
d.     Pengetahuan tentang  ketrampilan membeli
e.     Pengetahuan tentang  tipe-tipe konsumen
3.     Suatu kegiatan yang terpadu untuk mengembangkan rencana-rencana strategis yang diarahkan pada usaha pemuasan keinginan pembeli guna mendapatkan penjualan yang menghasilkan laba. Pengertian di atas merupakan pengertian dari...........................
a.     Penjualan
b.     Pembelian
c.     Pasar
d.     Pemasaran
e.     distribusi
4.     Memuaskan konsumen /pelanggan agar konsumen mendapat kepuasan dari informasi yang diberikan baik berupa lingkup produk/jasa, harga,promosi,ketepatan pengiriman sehingga konsumen atau pelanggan termotivasi untuk memutuskan membeli produk yang diinginkan nya.  Pengertian diatas adalah pengertian dari..................
a.     arti pelayanan
b.     tujuan       pelayanan                                            
c.     prinsip pelayanan
d.     prilaku pelayan
e.     Janji pelayan          
5.     Penjualan yang dilakukan dengan penyerahan barang atau jasa dan pembayaran dilakukan dalam surat bersamaan disebut...............
a.         Penjualan tunai
b.         Penjualan kredit
c.          Faktor penjualan
d.         Syarat penjualan
e.          Penjualan angsuran
6.     Faktor – faktor yang mempengaruhi tumbuh kembangnya penjualan adalah sebagai berikut ,kecuali..................
a.         Kartu penunjuk barang
b.         Produk yang dijual
c.          Pelayanan
d.         Tempat usaha
e.          Promosi
7.     Apabila pelanggan sampai tanggal jatuh tempo yang kedua belum memenuhi kewajibannya maka dilakukan hal-hal sesuai dengan ...................
a.         Alat komunikasi
b.         Surat  perjanjian jual –beli
c.          Lambang –lambang komunikasi
d.         Syarat- syarat penjualan
e.          Bentuk penulisan awal
8.     Administrasi penjualan angkutan meliputi............................
a.         Bukti penyerahan barang
b.         Jadwal angsuran
c.          Buku pembantu piutang
d.         Bukti pembayaran
e.          Semua jawaban benar
9.     Contoh alat komunikasi audio visual adalah.................... ...
a.         Tape recorder
b.         surat
c.          radio
d.         internet
e.          telepon
10. dibawah ini yang termasuk ruang lingkup kegiatan penjualan berdasarkan luas wilayahnya adalah..........................
a.         kegiatan penjualan eceran dan grosir
b.         kegiatan penjualan hasil hutan dan industri
c.          kegiatan penjualan dalam negeri dan luar negeri
d.         kegiatan penjualan tunai dan kredit
e.          kegiatan penjualan berjangka dan internet
11. Kegiatan layanan purna jual merupakan  kegiatan penjualan berdasarkan..........................
a.         Asal produk
b.         Jenisnya
c.          Cara pembayarannya
d.         Tempat menjual
e.          Prosesnya
12. Kegiatan penjualan hasil pertanian merupakan ruang lingkup kegiatan penjualan berdasarkan...........
a.         Asal produk
b.         prosesnya.
c.          Jenisnya
d.         Cara pembayarannya
e.          Tempat menjual
13. Dibawah ini contoh dari bentuk komunikasi non verbal, kecuali...............
a.         bahasa tubuh
b.         penampilan fisik
c.          gerak tubuh
d.         bahasa lisan/tulisan
e.          semua jawaban salah
14. Komunikasi secara mendatar antara karyawan dengan karyawan serta pimpinan dengan pimpinan merupakan bentuk komunikasi.................
a.         Verbal
b.         Diagonal
c.          Horisontal
d.         Eksternal
e.          khusus
15. Unsur – unsur komunikasi adalah..................... ...
a.         Komunikator
b.         Komunikan
c.          Pesan
d.         Media
e.          Semua benar
16. Media komunikasi audio adalah..............................................................
a.         Surat
b.         Internet
c.          Radio
d.         Buku
e.          majalah
17. Dibawah ini hambatan untuk melakukan komunikasi yang efektif,yaitu...................
a.         Komunikasi yang dilakukan satu arah
b.         Cukup waktu untuk membahas berbagai masalah
c.          Perhatian dan minat dalam diskusi
d.         Umpan balik yang tepat
e.          Penilaian yang tepat selama berkomunikasi
18. Penyampaian pesan menggunakan lambang-lambang atau simbol-simbol adalah................
a.         Adanya proses simbolik
b.         Sikap dan prilaku sebagai potensi komunikasi
c.          Adanya perencanaan
d.         Adanya ruang dan waktu
e.          Adanya penafsiran pesan
19. Komunikasi kelompok resmi atau formal adalah menurut....................
a.         Sifatnya
b.         Maksudnya
c.          Jenis medianya
d.         Sasaran nya
e.          Bahasanya
20. Komunikasi vertical, horisontal adalah jenis  komunikasi menurut..........................................
a.         Sifatnya
b.         Maksudnya
c.          Jenis medianya
d.         Sasaran nya
e.          bahasanya
20. Telepon ,wawancara, kunjungan adalah jenis komunikasi menurut.....................
a.         Sifatnya
b.         Maksudnya
c.          Jenis medianya
d.         Sasarannya
e.          bahasanya
21. Bentuk komunikasi verbal yang disampaikan komunikator kepada komunikan yaitu dengan cara ...............
a.         Ekspresi wajah dan kontak mata
b.         Tertulis dan lisan
c.          Gerak isyarat dan gerak tubuh
d.         Simbol-simbol dan tulisan
e.          Pakaian dan potongan rambut
22.      Keefektifan penyampaian pesan harus jelas karena itulah dalam komunikasi verbal harus memperhatikan....................
a.         Intonasi suara
b.         Racing
c.          Vocabulary
d.         Humor
e.          Salah semua
23.      Komunikasi yang dilakukan dilingkungan itu sendiri disebut..........................................
a.         Komunikasi eksternal
b.         Komunikasi internal
c.          Komunikasi horisontal
d.         Komunikasi vertikal
e.          Komunikasi formal
24.      Komunikasi yang menggunakan bahasa tubuh disebut...............................
a.         Komunikasi langsung
b.         Komunikasi verbal
c.          Komunikasi non verbal
d.         Komunikasi isyarat
e.          Komunikasi umum
25.      Strategi layanan purna jual menurut Philip Kotler adalah.....................
a.         Produsen tidak bisa membuat perjanjian dengan distributor dan dealer untuk memberikan jasa tersebut
b.         Produsen  bisa membuat perjanjian dengan distributor dan dealer untuk memberikan jasa tersebut
c.          Produsen tidak dapat membebaskan pelanggan untuk melakukan jasa ini sendiri
d.         Produsen tidak dapat memberikan jasa tsb kepada perusahaan spesialis dalam bidang tersebut
e.          Semua jawaban salah
26.      Salah satu bentuk pelayanan penjualan adalah display barang, karena................... ...............
a.         Memberikan kemudahan pada konsumen bertransaksi
b.         Memberikan kemudahan pada konsumen menentukan pilihan (jenis, ukuran,kwalitas,harga barang)
c.          Mempercepat konsumen belanja
d.         Membuat harga menjadi murah
e.          Barang yang dibeli sulit digunakan
27.      Keefektifan penyampaian pesan harus jelas karena itulah dalam komunikasi verbal harus memperhatikan....................
a.         Intonasi suara
b.         Racing
c.          Vocabulary
d.         Humor
e.          Salah semua
28.      Alasan sosiologis calon pelanggan dalam melakukan pembelian produk, barang atau jasa dipengaruhi oleh......................................................
a.         Lingkungan tempat tinggal mereka
b.         Kejiwaan masing-masing calon pelanggan
c.          Harga produk,untung rugi, kemampuan dan penghasilan dari pelanggan
d.         Kebutuhan jasmani
e.          Agama dan kepercayaan masing-masing calon pelanggan
29.      Pendekatan yang dilakukan apabila penjual dengan pelanggan belum saling mengenal adalah.....................................................
a.         Pendekatan pujuan
b.         Pendekatan perkenalan
c.          Pendekatan peragaan
d.         Pendekatan kejutan
e.          Pendekatan premium
30.      Tertarik ditunjukkan oleh calon pelanggan setelah...........................................
a.         Memperhatikan produk yang ditawarkan
b.         Calon pelanggan mendengarkan dan melihat produk tersebut
c.          Mendengarkan iklan dan melihat langsung produk yang ditawarkan
d.         Mencoba menggunakan produk tersebut
e.          Semua jawaban benar
31.      Upaya yang dilakukan oleh pengusaha untuk menguatkan dan memastikan mengenai keputusan pembelian dari calon pelanggan  disebut..........................................
a.         konfirmasi
b.         diskonfirmasi
c.          direct acknowledgement
d.         komunikasi
e.          positive feeling
32.      Dari etimologi (bahasa ) konfirmasi berasal dari bahasa........................................
a.         Latin
b.         Arab
c.          Inggris
d.         Yunani
e.          China
33.      Berikut  ini adalah visualisasi produk kecuali...............................................
a.         Manfaat psikologis
b.         Keistimewaan produk
c.          Kualitas produk
d.         Corak produk
e.          Merk
34.      Layanan purna jual adalah................................................................
a.         Menambah nilai produk
b.         Visualisasi produk
c.          Karakteristik produk
d.         Aspek produk
e.          Diferensiasi produk
35.      Kegiatan memodifikasi  produk agar lebih menarik disebut...............................
a.         Diferensiasi produk
b.         Klasifikasi produk
c.          Aspek produk
d.         Komposisi produk
e.          Penampilan produk
36.      Produk yang sebenarnya dibutuhkan oleh konsumen  disebut.....................
a.         Produk generik
b.         Produk inti/utama
c.          Produk harapan
d.         Produk pelengkap
e.          Produk potensial
37.      Barang berwujud yang dapat bertahan dalam pemakaian berulang kali disebut.........
a.         Barang tahan lama
b.         Barang tidak tahan lama
c.          Barang klasikal
d.         Barang kotemporer
e.          Barang luxirius
38.      Pada kemasan produk terdapat.........................................................
a.         Batas waktu pemakaian
b.         Bahan baku yang dipergunakan
c.          Nomor paten
d.         Gambar
e.          Semua benar
39.      Nama , istilah,tanda atau lambang yang dimaksud untuk membedakan dari produk pesaing disebut......................................................
a.         Merk
b.         Bungkus
c.          Bauran
d.         Label
e.          Iklan
40.      Berlian merupakan barang..................................................
a.         Tahan lama
b.         Kontemporer
c.          Klasikal
d.         Prestisius
e.          Biasa
41.      Barang yang dibeli untuk diproses kembali disebut...................
a.     Barang konsumsi
b.     Barang  psikologis
c.     Barang industri
d.     Barang pelengkap
e.     Barang prestisius
42.      Berikut adalah consumer goods  kecuali......................................................
a.         Convenience goods
b.         shopping goods
c.          specialty  goods
d.         industrial goods
e.          unsought  goods
43.      Sabun , gula, kopi,permen adalah.............................................
a.         Convenience goods
b.         shopping goods
c.          specialty  goods
d.         industrial goods
e.          unsought  goods
44.      pelayanan penjualan tidak dipengaruhi oleh.......................................
a.     penerapan marketing mix perusahaan
b.     pasar yang dibidik oleh perusahaan
c.     konsumen sasaran perusahaan
d.     biaya  yang dimiliki perusahaan
e.     target perusahaan
45.      Seorang penjual tidak dituntut menguasai................................
a.         Pengetahuan tentang produk yang dijual
b.         Pengetahuan tentang sikap pembeli
c.          Pengetahuan tentang ketrampilan menjual
d.         Pengetahuan tentang ketrampilan membeli
e.          Pengetahuan tentang tipe-tipe konsumen
46.      Pelayanan penjualan berkaitan erat dengan...........................................
a.         Strategi pemasaran
b.         Ilmu menjual
c.          Penataan barang
d.         Komunikasi bisnis
e.          Semua jawaban benar
47.      Suatu kegiatan yang terpadu untuk mengembangkan rencana –rencana strategis yang diarahkan pada usaha pemuasan keinginan pembeli guna mendapatkan penjualan yang menghasilkan laba. Pengertian di atas merupakan pengertian dari...........................
a.     penjualan
b.     pembeli
c.     pasar
d.     pemasaran
e.     distribusi
48.      karakteristik pelayanan terdiri dari...................................................
a.         intangibility, inseparability
b.         intangibility, inseparability,variability
c.          intangibility, inseparability,variability,perisability
d.         intangibility, perisability
e.          intangibility, variability,perisability
49.      Memuaskan  konsumen/pelanggan agar konsumen mendapat kepuasan dari informasi yang diberikan baik berupa lingkup produk/jasa ,harga,promosi,ketepatan pengiriman sehingga konsumen/pelanggan termotivasi untuk memutuskan membeli. Pengertian diatas adalah pengertian dari.........................
a.         Arti pelayanan
b.         tujuan pelayanan
c.          prinsip  pelayanan
d.         prilaku pelayanan
e.          janji pelayanan
50.      Kebutuhan manusia menurut waktu pemenuhannya  dikelompokkan menjadi kebutuhan sekarang dan masa depan, dibawah ini contoh kebutuhan manusia dimasa depan adalah..................
a.     Asuransi anak
b.     Pendidikan anak
c.     Obat bagi yang sakit
d.     Kebutuhan makan
e.     Kebutuhan pakaian

Demikian tadi adalah latihan soal produktif pemasaran 1,semoga bermanfaat .


                                       


Tidak ada komentar:

Posting Komentar