Selasa, 10 Oktober 2017

Soal latihan produktif pemasaran 2 (Pengetahuan produk)

I.    Berilah tanda silang (X) pada salah satu jawaban a, b, c, d atau e sebagai jawaban yang paling benar !
1.         Produk adalah segala sesuatu yang ditawarkan produsen untuk diperhatikan,diminta, dicari, dibeli, digunakan /dikonsumsi pasar sebagai pemenuh kebutuhan /keinginan pasar yang bersangkutan merupakan pengertian produk menurut.........................
a.          Fandy Tjiptono
b.          Philip Kotler
c.          Swasta
d.          Irawan
e.          Stanton
2.         Hotel merupakan suatu bangunan yang memiliki banyak ruangan untuk disewakan merupakan contoh dari level produk............................
a.          utama
b.          generik
c.          harapan
d.          pelengkap
e.          potensial
3.         Salah satu sifat barang yang tak tahan lama adalah........
a.          Cepat dikonsumsi,cepat habis
b.          Harganya cukup mahal
c.          Hanya dijual didaerah tertentu
d.          Perlu pertimbangan khusus untuk membelinya
e.          Mampu menciptakan kesetiaan pada merk tertentu
4.         Salah satu ciri produk spesial , adalah..........
a.          Cepat dikonsumsi,cepat habis
b.          Harganya cukup mahal
c.          Hanya dijual didaerah tertentu
d.          Perlu pertimbangan khusus untuk membelinya
e.          Mampu menciptakan kesetiaan pada merk tertentu
5.         Salah satu ciri produk shopping, adalah.................
a.          Cepat dikonsumsi,cepat habis
b.          Harganya cukup mahal
c.          Hanya dijual didaerah tertentu
d.          Perlu pertimbangan khusus untuk membelinya
e.          Mampu menciptakan kesetiaan pada merk tertentu
6.         Setiap layanan yang berbentuk pekerjaan atau prestasi yang diperjualbelikan , yang ditawarkan perusahaan untuk dimanfaatkan oleh konsumen adalah pengertian dari..................
a.          produk
b.          jasa
c.          barang
d.          konsumen
e.          produsen
7.         Perhatikan  pernyataan berikut:
1)       umur mesin produksi
2)       pendidikan konsumen
3)       selera penjual
4)       pendapatan penjualan
5)       budaya konsumen
Dari pernyataan diatas , faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pembelian produk adalah.............
a.     1 dan 2
b.     3 dan 2
c.      3 dan 4
d.     2 dan 5
e.      4 dan 5
8.         Salah satu sifat jasa adalah….
a.          Mampu menciptakan kesetiaan pada suatu merk tertentu dan bersifat pribadi
b.          Membutuhkan adanya jaminan atau servis
c.          Ada kalanya konsumen harus terlibat dalam proses produksi
d.          Lebih banyak membutuhkan  personal selling
e.          Banyak dijual dipertokoan
9.         Produk yang dibeli dengan tujuan untuk dipakai sendiri, bukan untuk dijual maupun diproses lagi merupakan pengertian dari...
a.          Special products
b.          Consumer  products
c.          Convenience  products
d.          Unsought  products
e.          Shopping  products
10.      Produk industri adalah..............….
a.          Produk yang dibeli dengan tujuan untuk diproses kembali
b.          Produk yang dibeli untuk dijual kembali
c.          Produk yang seluruhnya dibuat menjadi barang setengah jadi
d.          Produk yang dibeli dengan tujuan untuk  sendiri
e.          Produk yang dibeli dengan tujuan untuk  digunakan dalam kegiatan rumah tangga
11.      Contoh barang instalasi adalah....
a.          Beras,kapas, buah-buahan,sayur
b.          Ikan,kayu,minyak bumi,biji besi
c.           Perkakas tangan dan alat pengangkut
d.          Pita mesin ketik dan pensil
e.          Generator,mesin dan komputer
12.      Minyak pelumas,batubara,pita mesin ketik dan pensil merupakan contoh dari
a.          pelayanan
b.          perbekalan
c.          barang  modal 
d.          bahan baku
e.          suku cadang
13.      Kelompok produk yang berhubungan erat karena kelompok produk tersebut berfungsi dengan cara yang sama, dipasarkan melalui tipe gerai yang sama atau mempunyai kisaran harga yang sama merupakan pengertian....
a.          Intangible product
b.          Consumer  product
c.          Industrial  product
d.          Product line
e.          Generic brand
14.      Klasifikasi produk dibutuhkan oleh.....................
a.          Produsen /penjual yang menyediakan bermacam-macam produk
b.          Konsumen yang membutuhkan macam-macam produk
c.          Produsen/penjual yang terkonsentrasi pada satu jenis produk
d.          Konsumen yang membutuhkan satu jenis produk
e.          Semua jawaban salah
15.      Tujuan utama dari klasifikasi produk adalah....
a.          Memudahkan dalam hal penyimpanan di gudang
b.          Memudahkan dalam penataan di ruang pajang
c.          Memudahkan dalam pengambilan dari gudang atau tempat pemajangan
d.          Memudahkan dalam hal pengawasan,pemeliharaannya
e.          Semua jawaban benar
16.      Pengelompokan atau pengklasifikasian barang pada suatu toko disebut….
a.          Merchant                                                                   c.     kualitas                                                  e. label
b.          merk                                                                            d.     logo
17.      Kegiatan pemasaran yang mengkombinasikan berbagai aspek dalam pemasaran disebut.......
a.          Rencana pemasaran
b.          Tujuan pemasaran
c.          Strategi pemasaran
d.          Bauran pemasaran
e.          Bauran produk
18.      Strategi bauran pemasaran menekankan bagaimana cara menjual produk secara….
a.          Maksimal                                                                   c.     efektif                                                    e. holistik
b.          minimal                                                                      d.     efisien
19.      Kegiatan pemasran menyangkut 4 jenis tindakan,yaitu.....
a.          Produk,iklan,harga dan distribusi
b.          Lokasi, barang dan jasa
c.          Produk,harga ,label, mutu
d.          Produk, harga,lokasi,promosi
e.          Promosi,iklan ,label,kemasan
20.      Suatu istilah unsur pemasaran dan faktor produksi yang dikerahkan guna mencapai tujuan perusahaan seperti laba, penghasilan modal yang ditanam ,omzet penjualan dan bagian dari pasar yang ingin direbut (pangsa pasar) ,merupakan definisi bauran pemasaran menurut….
a.          Harold Koonel
b.          Cyril O’Doonel                                                         
c.          D.W Foster
d.          Almon
e.          Verba.                                                                        
21.      Setiap layanan yang berbentuk pekerjaan atau prestasi yang diperjualbelikan,yang ditawarkan perusahaan untuk dimanfaatkan oleh konsumen barang dan jasa,merupakan devinisi dari.......
a.          Produk
b.          Layanan purna jual
c.          Garansi
d.          barang
e.          Jasa
22.      Strategi produk yang tidakdilakukan oleh perusahaan dalam mengembangkan suatu produk adalah...... …..
a.          Penentuan logo dan moto
b.          Menciptakan merk
c.          Penentuan media promosi
d.          Menciptakan kemasan
e.          Keputusan label
23.      Dalam menentukan logo dan moto perusahaan ,hal yang harus dipertimbangkan adalah....
a.          Dibuat secara sederhana
b.          Dibuat dengan kalimat yang padat
c.          Harus berwarna
d.          Mudah diingat
e.          Bersifat kompleks
24.      Perhatikan produk-produk berikut ini
1)       Meja
2)       Buku
3)       Rumah sakit
4)       Restoran
5)       Rumah
6)       Panti asuhan…..
7)       asuransi
Produk tidak berwujud dari poin-poin di atas adalah...................
a.          1,2 dan4
b.          1,2 dan 5
c.          2 dan 3
d.          3,4 dan 6
e.          1 saja

25.      Berdasarkan soal no. 24 yang termasuk produk berwujud adalah
a.          1 dan2
b.          12 dan 5
c.          2dan 6
d.          2 dan 4
e.          3,4 dan 6
26.      Berdasarkan soal no. 24 yang termasuk unsought product adalah
a.          1 dan2
b.          12 dan 5
c.          2dan 6
d.          2 dan 4
e.          7 saja
27.      Definisi produk menurut Philip Kotler adalah.....
a.          Sesuatu yang dapat memenuhi kebutuhan dankeinginan konsumen
b.          Barang yang dapat diperjualbelikan
c.          Sesuatu yang dapat ditawarkan kepasar untuk mendapatkan perhatian untuk dibeli,digunakan atau dikonsumsi yang dapat memenuhi  keinginan dan kebutuhan
d.          Suatu barang yang disalurkan oleh produsen ke konsumen
e.          Semua jawaban salah
28.      Hal yang tidak termasuk dalam tujuan penentuan harga secara umum adalah untuk…..
a.          Bertahan hidup
b.          Memaksimalkan laba
c.          Mutu produk
d.          Meningkatkan kualitas
e.          Memperbesar market share
29.      Saluran distribusi langsung untuk produk konsumen adalah....
a.          Produsen →distributor bisnis → konsumen
b.          Produsen →pengecer → konsumen
c.          Produsen →konsumen
d.          Produsen → konsumen industri
e.          Produsen → grosir → pengecer → konsumen
30.      Fungsi logistik dalam saluran distribusi meliputi…..
a.          Menghubungi dan mengkomunikasikan dengan calon pelanggan
b.          Pengangkutan dan penyotiran barang
c.          Penelitian dan pembiayaan
d.          Penentuan lay out gedung
e.          Pelayanan dan garansi
31.      Harga ditentukan berdasarkan periode atau masa tertentu,merupakan metode penentuan hargamenurut....
a.          pelanggan                                                                  c.     tempat                                                   e.waktu
b.          bentuk                                                                        d.     fungsi
32.      salah satu pertimbangan yang perlu diperhatikan dalam memilih dan mementukan lokasi perusahaan adalah kedekatan perusahaan dengan....
a.          sekolah                                                                       c.     perkantoran                                          e. Pelabuhan
b.          jalan                                                                            d.     SPBU
33.      penggunaan promosi dengan iklan dapat dilakukan dengan berbagai media secara efektif,kecuali....
a.          penempatan baliho ditempat pemakaman umum
b.          pemasangan papan iklan di tempat strategis
c.          mencetak brosur untuk di sebar
d.          pemasangan spanduk dilokasi strategis
e.          pemasangan iklan melalui media cetak dan elektronik
34.      sifat dari barang –barang tahan lama adalah…..
a.          tidak membutuhkan jaminan
b.          hanya membutuhkan servis
c.          membutuhkan jaminan dan servis
d.          lebih banyak membutuhkan personal selling
e.          jawaban c dan d benar
35.      sifat-sifat jasa adalah....
a.          produknya tidak nyata
b.          bervariasi
c.          dapat musnah setiap saat
d.          kadang konsumen terlibat dalm proses produksi
e.          semua jawaban benar
36.      keputusan konsumen dalam membeli dipengaruhi oleh, ….
a.          Umur konsumen
b.          Pendidikan konsumen
c.          Agama dan budaya
d.          Penghasilan dan musim
e.          Semua jawaban benar
37.      Puas atau tidaknya konsumen setelah membeli suatu produk dapat dilihat ...
a.          Dimana saja
b.          Saat menggunakan produk
c.          Setelah menggunakan produk
d.          Sebelum menggunakan produk
e.          Saat memilih produk
38.      Contoh produk spesial adalah….
a.          pakaian
b.          buku
c.          peralatan rumah tangga
d.          mobil mewah
e.          kamus
39.      Industri yang mengolah lebih lanjut hasil –hasil industri lain adalah.....................….
a.          Industri angkutan
b.          Industri pariwisata
c.          Industri perikanan
d.          Industri hasil kehutanan
e.          Industri kain
40.      Suatub refleksi umur ekonomis berupa ukuran daya tahan atau masa pakai barang merupakan  pengertian dari............................. ...
a.          conformance
b.          durability
c.          fit and finish
d.          features
e.          performance
41.      Di bawah ini yang merupakan salah satu ciri dari barang tahan lama adalah.......
a.          bervariasi
b.          banyak dijual di pertokoan
c.          dapat musnah
d.          membutuhkan adanya jaminan /servis
e.          distribusinya melalui saluran non fisik
42.      Barang-barang yang hanyatu kali dalam waktu yang tidak begitu lama ialah...........
a.          Barang tahan lama
b.          Barang mudah busuk
c.          Barang mudah dibeli
d.          Barang tak tahan lama
e.          Semua jawaban benar
43.      Contoh produk spesial adalah….
a.          pakaian
b.          buku
c.          peralatan rumah tangga
d.          mobil mewah
e.          kamus
44.       Dibawah ini yang bukan merupakan dimensi kualitas barang adalah......................
a.          Kinerja/performance
b.          Kesesuaian/conformance
c.          Keandalan/reliability
d.          Estetika
e.          Non-durability
45.       Dibawah ini yang meupakan dimensi kualitas produk adalah..........................
a.          Bukti langsung,keandalan,dan daya tanggap
b.          Empati,  dan asuransi dan pemahaman terhadap pelanggan
c.          Empati dan pemahaman terhadap pelanggan
d.          Asuransi dan estetika
e.          Jawaban a dan b benar
46.      Yang termasuk klasifikasi produk berdasarkan daya tahan dan wujudnya adalah......................................... ...
a.          Non – durable goods, durable goods dan convenience products
b.          Non – durable goods, durable goods dan staples
c.          Non – durable goods, durable goods dan impuls good
d.          Non – durable goods, durable goods dan services
e.          Non – durable goods, durable goods dan emeergency goods
47.      Yang merupakan pengertian shooping product adalah.......
a.          Barang yang dibeli bila suatu kebutuhan dirasa konsumen sangat mendesak
b.          Barang yang dibeli tanpa perencanaan terlebih dahulu
c.          Produk yang membuat konsumen harus lebih dulu mencari informasi mengenai suatu produk tertentu
d.          Produk dimana konsumen membutuhkan waktu untuk memperolehnya dan sedikit loyalitas terhadap merk yang dipilih nya
e.          Produk yang tidak berwujud
48.      Bauran pemasaran klasifikasi barang konsumen dan barang industri menekankan 4 aspek, diantaranya.....................................
a.          Produk, harga, distribusi, promosi
b.          Produk, harga, distribusi, konsumen
c.          Produk, harga, pengelola, promosi
d.          Produk, pelayanan, distribusi, promosi
e.          Produk, kwalitas, distribusi, promosi
49.      Industri yang mengelola barang setengah jadi menjadi barang jadi sehingga barang yang dihasilkan dapat langsung dipakai atau dinikmati oleh konsumen adalah salah satu klasifikasi industri berdasarkan proses produksinya, yaitu industri..................….
a.          Industri hulu
b.          Industri hilir
c.          Industr berat
d.          Industri ringan
e.          Industrijasa

50.       Suatu refleksi umur ekonomis berupa ukuran daya tahan atau masa pakai barang merupakan pengertian dari......................
a.          conformance
b.          durability
c.          fit and finish
d.          features
e.          performance

SELAMAT MENGERJAKAN

1 komentar: