Senin, 24 Juli 2017

Pengetahuan Tentang Produk

Pengertian produk

1.    Pengertian produk menurut para ahli
Menurut Philip Kotler dan Kevin Lane Keller (2008:4) Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk memuaskan keinginan atau kebutuhan. Produk – produk yang ditawarkan meliputi barang fisik ,jasa, pengalaman, acara-acara,orang, tempat, properti dan gagasan.

2.     Pengertian produk secara ekonomi
     ”barang atau komoditas dalam pengertian ekonomi adalah suatu objek atau jasa yang memiliki nilai. Nilai suatu barang akan ditentukan karena barang itu mempunyai kemampuan untuk dapat memenuhi kebutuhan. Dalam makroekonomi dan akuntansi, suatu barang sering dilawankan dengan suatu jasa. Barang didefinisikan sebagai suatu produk fisik (berwujud, tangible) yang dapat diberikan pada seorang pembeli dan melibatkan perpindahan kepemilikan dari penjual ke pelanggan, kebalikan dengan suatu jasa (tak berwujud, intangible). Istilah "komoditas" sering digunakan dalam mikroekonomi untuk membedakan barang dan jasa.  Oleh karena barang dan jasa memiliki nilai (value), maka barang dan jasa dapat dibedakan dalam beberapa kategori yakni barang publik, barang antik , barang merugikan, barang inferior, barang jadi, barang normal, barang setengah jadi, dan barang superior

3.     Pengertian produk secara harafiah
      Secara harfiah kata “barang” tentu berbeda dengan kata “jasa”, namun pada dasarnya secara common sense istilah barang dan jasa dipahami dan dimengerti maknanya secara fisik  untuk barang (wujud, bentuk, jenis) dan perwujudan jasa dari sisi hasilnya dalam bentuk fisik (misalnya sistem transportasi, sistem komunikasi, sistem pembayaran).

Kalau kita lihat dari pengertian diatas maka produk bisa berupa barang dan jasa.

Pengertian Barang
Barang adalah segala sesuatu yang ditawarkan produsen untuk diperhatikan,diminta,dicari, dibeli, digunakan /dikonsumsi pasar sebagai pemenuh kebutuhan /keinginan pasar yang bersangkutan.(Fandy Tjiptono 1999; 95)

Barang adalah barang-barang yang berwujud yang biasanya di konsumsi dalam satu atau beberapa kali penggunaan.

Barang dibedakan menurut daya tahan dan wujudnya :
·         Barang tahan lama(durable goods)
·         Barang yang tidak tahan lama (nondurable goods)

Pengertian jasa
Jasa   (services) adalah produk-produk yang tidak berwujud ,tidak terpisahkan dan mudah habis . Akibatnya produk ini biasanya memerlukan pengendalian mutu, kredibilitas pemasok, dan kemampuan penyesuaian yang lebih tinggi.( Philip Kotler dan Kevin Lane Keller)

  Menurut Lupiyoadi (2001:5)pengertian jasa adalah: “A service is an activity or series of activities of more or less intangible nature that normally, hut not necessarile, take place in interactions between the customer and service employees and/or physical resources or good ard/or system of the service provider, which are provided as solutions to customer problems.”(Gronroos, 1 990).

Karakteristik produk
Ciri2 barang:

1.     Berwujud ( tangiabel)
2.     Memiliki sifat fisik tertentu
3.    Komsumsi dan produksi dilakuakan secara tidak bersamaan
4.    Dapat disimpan sebagai persediaan
5.    Merupakan output yang bernilai
6.    Proses produksinya banyak menggunakan mesin
7.    Atribut, seperti harga,kemasan, dll lebih jelas
8.    Pasar lebih mudah diperluas

Karakteristik  jasa
1. tidak berwujud
2. tidak dapat dipisahkan
3. berubah ubah
4. tidak tahan lama
5. Kontak dengan konsumen /pengguna jasa tinggi
6. Kualitas produk bersifat subyektif
7. Atribut produk sering kali tidak jelas
8.  Pasar sulit diperluas


Tidak ada komentar:

Posting Komentar