Pengertian produk
1. Pengertian
produk menurut para ahli
Menurut Philip Kotler dan Kevin Lane Keller (2008:4)
Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk memuaskan
keinginan atau kebutuhan. Produk – produk yang ditawarkan meliputi barang fisik
,jasa, pengalaman, acara-acara,orang, tempat, properti dan gagasan.
2. Pengertian
produk secara ekonomi
”barang atau komoditas dalam pengertian ekonomi adalah suatu objek atau jasa yang memiliki nilai. Nilai suatu barang akan
ditentukan karena barang itu mempunyai kemampuan untuk dapat memenuhi kebutuhan. Dalam makroekonomi dan akuntansi, suatu barang sering
dilawankan dengan suatu jasa. Barang didefinisikan sebagai
suatu produk fisik (berwujud, tangible)
yang dapat diberikan pada seorang pembeli dan melibatkan perpindahan kepemilikan dari penjual ke pelanggan, kebalikan dengan suatu jasa
(tak berwujud, intangible). Istilah "komoditas" sering digunakan
dalam mikroekonomi untuk membedakan barang dan
jasa. Oleh karena barang dan jasa memiliki nilai (value), maka barang dan
jasa dapat dibedakan dalam beberapa kategori yakni barang publik, barang antik , barang merugikan, barang inferior, barang jadi, barang normal, barang
setengah jadi, dan barang superior
3. Pengertian
produk secara harafiah
Secara
harfiah
kata “barang” tentu berbeda dengan kata “jasa”, namun pada dasarnya secara common sense istilah barang dan jasa dipahami dan dimengerti
maknanya secara fisik untuk barang (wujud, bentuk, jenis) dan perwujudan
jasa dari sisi hasilnya dalam bentuk fisik (misalnya sistem transportasi,
sistem komunikasi, sistem pembayaran).
Kalau kita lihat dari pengertian diatas maka produk bisa
berupa barang dan jasa.
Pengertian Barang
Barang adalah segala sesuatu yang ditawarkan produsen
untuk diperhatikan,diminta,dicari, dibeli, digunakan /dikonsumsi pasar sebagai
pemenuh kebutuhan /keinginan pasar yang bersangkutan.(Fandy Tjiptono 1999; 95)
Barang adalah barang-barang yang berwujud
yang biasanya di konsumsi dalam satu atau beberapa kali penggunaan.
Barang dibedakan menurut daya tahan
dan wujudnya :
·
Barang tahan
lama(durable goods)
·
Barang yang tidak tahan
lama (nondurable goods)
Pengertian jasa
Jasa (services) adalah produk-produk yang tidak
berwujud ,tidak terpisahkan dan mudah habis . Akibatnya produk ini biasanya
memerlukan pengendalian mutu, kredibilitas pemasok, dan kemampuan penyesuaian
yang lebih tinggi.( Philip Kotler dan Kevin Lane Keller)
Menurut Lupiyoadi
(2001:5)pengertian jasa adalah: “A service is an activity or series of
activities of more or less intangible nature that normally, hut not
necessarile, take place in interactions between the customer and service employees
and/or physical resources or good ard/or system of the service provider, which
are provided as solutions to customer problems.”(Gronroos, 1 990).
Karakteristik produk
Ciri2 barang:
1. Berwujud
( tangiabel)
2. Memiliki sifat fisik tertentu
3. Komsumsi
dan produksi dilakuakan
secara tidak bersamaan
4. Dapat
disimpan sebagai persediaan
5. Merupakan
output yang bernilai
6. Proses produksinya banyak menggunakan mesin
7. Atribut, seperti harga,kemasan, dll lebih jelas
8. Pasar lebih mudah diperluas
Karakteristik
jasa
1. tidak berwujud
2. tidak dapat dipisahkan
3. berubah ubah
4. tidak tahan lama
5.
Kontak dengan konsumen /pengguna jasa tinggi
6.
Kualitas produk bersifat subyektif
7.
Atribut produk sering kali tidak jelas
8. Pasar sulit diperluas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar