Senin, 18 Agustus 2025

Pengembangan produk (olahan pangan )

 PENGEMBANGAN PRODUK


Pengembangan produk adalah suatu proses penemuan ide untuk barang dan jasa termasuk mengubah, menambah atau merumuskan kembali sebagian dari sifat –sifat pokok yang sudah ada dalam segi corak,merek, dan kuantitas.

A.   Terdapat  6 kategori produk baru :

1.     Produk baru dengan penciptaan pasar yang baru (new to the world products)
2.     Produk baru dengan pertama kali memasuki pasar yang sudah ada untuk produk                      semacam    (new Product line)
3.     Produk baru hasil modifikasi produk lama ( additions to existing product lines)
4.     Produk baru untuk menggantikan produk yang ada untuk meningkatkan kinerja dan nilai          (impovement and revisions to existing products)
5.     Produk yang ada yang ditargetkan untuk pasar baru atau segmen pasar baru                            (repositionings)   
6.     Produk baru dengan harga lebih murah (cost reductions)

B.   Pengembangan produk memiliki beberapa karakteristik, yaitu :

  • Keunggulan relatif (tingkat yang menunjukkan keunggulan inovasi terhadap produk yang telah ada )
  • Kompatibilitas ( tingkat kesesuaian inovasi dengan nilai dan pengalaman calon konsumen)
  • Kompleksitas ( tingkat kesulitan inovasi untuk dimengerti atau digunakan )
  • Divibilitas ( tingkat inovasi dapat dicoba sedikit demi sedikit)
  • Komunikabilitas( tingkat kemampuan hasil penggunaan inovasi dapat diobservasikan atau dijelaskan kepada orang lain

C.       Tujuan pengembangan produk , untuk :

  • Memenuhi kebutuhan konsumen yang belum puas
  • Menambah omzet penjualan
  • Memenangkan persaingan
  • Mendayagunakan keuntungan dengan pemakaian bahan yang sama
  •  Mendayagunakan sisa- sisa bahan
  • Mencegah kebosanan konsumen
  • Menyederhanakan produk

D.       Strategi pengembangan produk

1.     Strategi proaktif , strategi pengembangan produk yang dilaksanakan untuk mengantisipasi kondisi di masa depan, bentuk dari strategi proaktif :

a.     penelitian dan pengembangan
b.     pemasaran (marketing)
c.      pengusaha entrepreneurial 
d.     akuisisi

2.     strategi reaktif , strategi pengembangan produk yang dilakukan sebagai respon dari kondisi pasar atau pesaingnya, bentuk dari strategi reaktif :

        a.     strategi defensif
        b.     strategi imitatif
        c.     strategi second – but-better   
        d.     strategi responsif




Inovasi produk makanan

inovasi produk makanan yang telah muncul selama beberapa tahun terakhir. Inovasi ini melibatkan perubahan dalam formulasi, proses produksi, presentasi, dan bahkan cara konsumen berinteraksi dengan makanan. Berikut beberapa contoh inovasi produk makanan:

1.     Makanan Fungsional: 

         Probiotik dan Prebiotik: Produk makanan yang diperkaya dengan bakteri baik  (probiotik)          atau zat yang merangsang pertumbuhan bakteri baik (prebiotik) untuk meningkatkan             kesehatan saluran pencernaan

        Makanan Tinggi Serat: Produk yang diperkaya serat untuk mendukung pencernaan dan         kesehatan usus.

2.     Alternatif Protein

        Burger Tanpa Daging: Pengembangan burger dan produk daging lainnya yang dibuat            dari bahan tanpa daging seperti tumbuhan, seperti burger berbasis kacang-kacangan            atau sayuran

        Makanan Berbasis Protein Nabati: Pengembangan makanan dengan sumber protein                nabati seperti tempe, tahu, dan berbagai jenis kacang-kacangan.

  3.   Makanan Berbasis Teknologi

        Cultured Meat: Pengembangan daging yang dibuat dari sel-sel hewan tanpa membunuh         hewan. Ini bisa mengurangi dampak lingkungan dan etika yang terkait dengan                         peternakan tradisional.

        Makanan Cetak 3D: Penggunaan teknologi pencetakan 3D untuk membuat makanan            dengan bentuk dan struktur yang unik.

 4.     Makanan Instant atau Siap Saji:

         Makanan Instan Sehat: Munculnya makanan instan yang lebih sehat, seperti sereal                 organik, sup instan dengan bahan alami, atau makanan ringan rendah gula dan garam.

        Makanan Siap Saji yang Dikemas Ulang: Pengembangan produk makanan siap saji yang         dijual dalam kemasan ramah lingkungan.

 5.     Inovasi dalam Presentasi dan Pengemasan

         Edible Packaging: Pengembangan kemasan yang dapat dimakan untuk mengurangi                 limbah plastik.

        Presentasi Kreatif: Produk makanan dengan presentasi yang unik, seperti kue berbentuk         karakter atau makanan berwarna-warni.

  6.    Makanan Fusi:

        Kombinasi Budaya: Penggabungan elemen-elemen makanan dari berbagai budaya                 untuk menciptakan hidangan yang unik dan menarik.

 7.     Makanan Berbasis Keberlanjutan:

        Makanan Lokal dan Organik: Meningkatnya minat pada makanan yang diproduksi secara         lokal dan organik untuk mendukung keberlanjutan lingkungan.

 8.     Makanan Penyembuhan dan Fungsional

        Makanan Antioksidan: Produk makanan yang diperkaya dengan antioksidan untuk                     meningkatkan kesehatan.

        Makanan Penyembuhan Berbasis Tumbuhan: Produk makanan dengan bahan-bahan             yang dianggap memiliki sifat penyembuhan, seperti herbal dan rempah-rempah tertentu.

                




Teknik Mengembangkan Menu Variatif Untuk Bisnis Kuliner di Desa Cikoneng

Strategi Riset dan Identifikasi

Inovasi dan mengembangkan menu  bisa kita  menggali resep-resep tradisional yang telah diwariskan turun temurun, bereksperimen dengan bahan-bahan unik, dan menciptakan hidangan baru yang belum pernah ada sebelumnya. Dengan kreativitas dan inovasi, kita bisa membuat bisnis kuliner kita menonjol dan menjadi pilihan utama para pelanggan.

Cara mengembangkan menu variatif :

  • Kreativitas dan Inovasi
  • Variasi Berdasarkan Musim
  • Estetika dan Presentasi
  • Keseimbangan dan Keragaman
  • Masuknya Masakan Lokal
  • Eksperimentasi yang Terkontrol
  • Tren dan Preferensi
  • Musim dan Ketersediaan
  • Visual yang Menarik
  • Kesederhanaan dan Kejelasan
  • Penilaian dan Umpan Balik

        Daftar Pustaka

        KEMENDIKBUD DIRJEN PAUD,DIKDASMEN 2020, Evaluasi Kegiatan Usaha Penolahan                               Makanan Khas Daerah  yang Dimodifikasi dari Bahan Nabati dan Hewani, Kelas XII,                              Fauziah Asri Latifa, S.Si, M.Pd SMA N 13 Semarang

         https://cikoneng-ciamis.desa.id/inovasi-makanan-sehat-dari-bahan-lokal-di-desa-cikoneng

           https://mikkha.com/blog/contoh-inovasi-produk-makanan

          https://cikoneng-ciamis.desa.id/teknik-mengembangkan-menu-variatif-untuk-bisnis-kuliner- di-                       desa-cikoneng


Tidak ada komentar:

Posting Komentar